Sejarah

SMF Bhakti Nusa didirikan tahun 1989 oleh Yayasan Bhakti Nusa yang dikukuhkan dengan akte Notaris Ichsan Tejabuana, SH NO. 42 tanggal 16 Maret 1989. Setelah itu diperbarui dengan Akte Notaris Is Hariyani, SH NO 11 Tanggal 3 November 2010.

Pada tahun 1992 s.d. 2005 pelaksanakaan Ujian Nasional SMF bergabung dengan Dinas Kesehatan, sedangkan pada tahun 2006 pelaksanaan Ujian Nasional mulai bergabung dengan Dinas Pendidikan Nasional.

Seiring dengan berjalannya waktu di tahun 2010 sekolah kita menjadi SMK S 16 Farmasi. Sekolah ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga Asisiten Apoteker, baik untuk pemerintah maupun swasta.

Yayasan Bhakti Nusa Sejak 1989

Tahun 2017 SMKS 16 Farmasi telah menerima Bantuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Direktorat Pendidikan SMK Subdit Penyelarasan  Kejuruan dan Industri berupa Program Pengembangan SMK Berbasisi Industri/Keunggulan Wilayah dimana SMKS 16 Farmari Bengkulu mengembangkan Jeruk Kalamansi sebagai bahan baku produk unggulan Provinsi Bengkulu.

Unit Produksi

Berkat bantuan ini, SMKS 16 Farmasi memiliki Industri skala kecil pada Unit Produksi sekolah, dengan beberapa mitra seperti Lembaga Penelitian Pengembangan Pertanian dan Martha Tilaar. Adapun produk yang sudah dihasilkan oleh SMKS 16 Farmasi berupa Makanan, Minumam, Kosmetik dan Obat tradisional, dimana sebagian produk sudah memiliki izin produksi dan beberapa produk dalam proses perizinan, besar harapan kami agar produk yang dikembangkan oleh siswa-siswi kami dapat diterima di masyarakat provinsi bengkulu.